Published December 11, 2016 by with 0 comment

VIRTUAL LAN (VLAN)

Bismillah
 posting kali ini saya akan membagikan tentang cara membuat Vlan, saya kira saya sudah mebagikannya jadi saya langsung posting trungking Vlan dan ternyata belum tak posting jadoi segera saya posting berikut penejelasan tentang Vlan :

Virtual LAN (VLAN) : membagi satu broadcast domain menjadi beberapa broadcast domain, sehingga dalam satu switch bisa terdiri dari beberapa network. Host yang berbeda VLAN tidak akan tersambung sehingga meningkatkan security jaringan. VLAN merupakan fasilitas yang dimiliki managable switch.  Pada unmanagable switch port-port nya hanya dapat digunakan untuk koneksi network yang sama sehingga tidak mendukung fasilitas VLAN.

Untuk konfigurasinya dapat  di lihat di bawah

Langkah-langkah konfig VLAN adalah sebagai berikut :
1.      Berpindah mode, dari mode user ke mode previllage, dari previllege ke mode config
Switch > enable
Switch # conf t
Switch (config) #
2.      Tentukan nomer VLAN (bebas pilih angka untuk nomer VLAN antara 2 s.d. 1000), kemudian beri nama VLAN (bila perlu)
Switch (config) # vlan 10
Switch (config-vlan) # name BengkelTKJ            (catatan : BengkelTKJ tanpa spasi)
Switch (config-vlan) # vlan 172
Switch (config-vlan) # name Lab6                       (catatan : Lab6 tanpa spasi)               
3.      Atur mode interface satu per satu sesuai dengan akses VLAN nya (perhatikan gambar).

Switch (config-vlan) # exit

Switch (config) # int fa0/1
Switch (config-if) # sw mo acc
Switch (config-if) # sw acc vlan 10
Switch (config-if) # int fa0/2
Switch (config-if) # sw mo acc
Switch (config-if) # sw acc vlan 10

Switch (config-if) # int fa0/3
Switch (config-if) # sw mo acc
Switch (config-if) # sw acc vlan 172

Switch (config-if) # int fa0/4
Switch (config-if) # sw mo acc
Switch (config-if) # sw acc vlan 172
4.      Lihat konfigurasi VLAN yang telah dibuat
Switch (config-if) # do show vlan
5.      Beri alamat IP pada host (end-device)
Tidak ada ketentuan khusus memberi alamat IP host. Lihat gambar.
6.      Lakukan pengujian dengan ping
Ping dari Laptop1 ke Laptop2 dan sebaliknya.
Ping dari PC1 ke PC2 dan sebaliknya.

ilmu Ini saya dapat dari guru saya, dan saya ingin membagikannya kepada teman-teman agar dapat paham juga tentang Vlan.

Semoga bermanfaat dan apabila ada salah saya mohon koreksinya
dan ini file pka bagi yang mau belajar 

Pka
      edit

0 comments:

Post a Comment