Published October 18, 2016 by with 0 comment

REMOTE ACCESS MELALUI PORT CONSOLE





Assalamu'alaikum gan 
alhamdulillah ini ada jam kosong dari pada nganpain mending ane berbagi ilmu yang ane dapet dari guru ane, yang mau ane share ini adalah ilmu basic yhang sangat penting sebelum  anda niat mau config perangkat cisco utamanya. berikut referensi menurut guru ane :
Suatu perangkat cisco (Router/Switch) pada dasarnya tidak dapat terhubung secara langsung dengan monitor maupun dengan input device seperti keyboard apalagi mouse. Konfigurasi perangkat (Router/Switch) tidak dapat dilakukan secara langsung pada perangkat tersebut. Konfigurasi dapat dilakukan dengan perangkat lain seperti : PC/Laptop. Perangkat cisco terkoneksi secara remote dengan PC/Laptop.
Untuk keperluan koneksi tersebut, pada perangkat cisco tersedia port console. Port console merupakan port yang khusus disediakan untuk konfigurasi perangkat. Port console dapat dihubungkan dengan PC/Laptop pada port RS 232. Adapaun jenis kabel yang digunakan adalah kabel console yang berwarna hijau.
Remote konfigurasi perangkat Router/Switch dapat dilakukan dari dengan langkah-langkah sebagai :
1.      Klik 2x pada end device
2.      Pilih jendela desktop
3.      Klik terminal



4      Klik OK


5.      Lanjutkan dengan melakukan konfigurasi sesuai rencana




      edit

0 comments:

Post a Comment